KEMAJUAN PERADABAN ISLAM
MASA DAULAH AYYUBIYAH
A. Proses Berdirinya Daulah Ayyubiyah
Daulah Ayyubiyah adalah sebuah dinasti sunni yang berkuasa di Mesir, Suriah,
sebagian Yaman, Irak, Mekah, Hejaz dan Dyarbakir. Dinasti Ayyubiyah didirikan oleh
Shalahuddīn al-Ayyubi. Penamaan al-Ayyubiyah dinisbatkan kepada nama belakangnya
Al-Ayyubi, diambil dari nama kakeknya yang bernama Ayyub. Nama besar dinasti ini
diperoleh sejak Shalahuddin Yusuf Al-Ayyubi berhasil mendirikan kesultanan yang
bermazhab Sunni, menggantikan kesultanan Fathimiyah yang bermazhab Syi’ah.
Dalam perkembangannya tercatat bahwa dinasti di Mesir yang paling
berpengaruh dalam membangun kejayaan Islam salah satunya adalah Daulah
Ayyubiyah yang didirikan oleh Shalahuddin Al-Ayyubi mengukir kejayaan Islam
pada masanya. Untuk lebih jelasnya, bacalah teks dengan seksama.
a. Keruntuhan Daulah Abbasiyah
Daulah Abbasiyah yang pernah mencapai puncak kejayaan dalam sejarah
peradaban Islam, mulai menampakkan kemunduran pada periode kedua
kekhalifahannya. Kelemahan bidang politik dan pemerintahan menjadi salah satu
penyebab utama dari keruntuhan Daulah Abbasiyah. Hal ini disebabkan karena
periode kedua pemerintahan Daulah Abbasiyah tidak mandiri dalam bidang
politik dan pemerintahan.
Lemahnya pemerintahan Daulah Abbasiyah ini dimanfaatkan oleh daulah-
daulah kecil untuk melepaskan diri dari kekuasaan Abbasiyah. Antara lain :
1. Daulah Idrisiyah di Maroko (172-311 H/788-932 M)
2. Daulah Aghlabiyah di Tunisia (184-296 H/800-909 M)
3. Dulah Thuluniyah (254-292 H/868-905 M)
4. Daulah Ikhsidiyah (323-358 H/935-969 M)
5. Daulah Hamdaniyah (293-394 H/905-1004 M)
6. Daulah Thahiriyah (205-259 H/821-873 M)
b. Berdirinya Daulah Fathimiyah (297-567 H/909-1171 M)
Daulah Fathimiyyah adalah satu-satunya daulah Syiah dalam Islam, nama
daulah ini dinisbatkan kepada putri Nabi Muhammad Saw, Fathimah Az-Zahra.
Didirikan oleh Said ibn Husain yang merupakan keturunan Syi’ah Ismailiyah.
Gerakan pendirian Daulah Fathimiyah tidak terlepas dari peran serta seorang
pengikut Syi’ah bernama Abu Abdillah Asya’si.
Setelah kaum Alawiyyin mampu menaklukan Daulah Aghlabiyah di Tunisia,
berdirilah Daulah Fathimiyah dengan khalifah pertama Ubaidillah al Mahdi
dengan ibukota pemerintahannya kota Qairawan, Tunisia.
Pada tahun 358 H/969 M, panglima tentara Daulah Fathimiyah bernama
Jauhar As-Siqli mampu merebut Mesir dari kekuasaan Daulah Ikhsyidiyah.
Setelah menguasai Mesir, panglima Jauhar As-Siqli membangun sebuah kota
yang megah bernama Al-Qahirah (Kairo). Sejak saat itu Daulah Fathimiyah
memindahkan ibu kotanya ke Kairo, Mesir.
Secara keseluruhan Daulah Fathimiyyah berkuasa selama 262 tahun dengan
khalifah pertamanya Ubaidillah Al-Mahdi dan khalifah terakhirnya Al-Adid
Billah. Daulah Fathimiyah mencapai puncak kejayaannya pada saat khalifah
kelima yaitu Khalifah Abu Manshur Nizar Al-Aziz (975-996 M) berkuasa. Di
bawah kekuasaanya Mesir hidup dalam kedamaian, dan pada masa Khalifah Al-
Muiz Lidinillah Masjid Al-Azhar yang kemudian hari menjadi Universitas Al-
Azhar dibangun.
c. Proses Terbentuknya Daulah Ayyubiyah
Daulah Fathimiyah saat dipimpin oleh khalifah terakhinya bernama Khalifah
Al-Adid Billah (1160-1171 M) mengalami kemunduran dan kondisi
pemerintahan yang lemah. Selain karena musim peceklik, adanya penyerbuan
tentara salib ke Mesir, dan konflik internal pemerintahan Daulah Fathimiyah.
Dalam kondisi Mesir seperti itu, seorang panglima bernama Assaduddin
Syirkuh bersama saudaranya Shalahuddin Al-Ayyubi ditugaskan oleh gubernur
Syiria, Nuruddin Zangi untuk datang ke Mesir dengan tujuan mengusir tentara
salib sekaligus menguasai Mesir.
Rupanya proses ini tidak berjalan mulus, seorang perdana menteri Daulah
Fathimiyah bernama Syawwar, telah melakukan persengkongkolan dengan
tentara salib. Akhirnya, panglima Assaduddin Syirkuh dan Shalahuddin Al-
Ayyubi menagkap perdana menteri Syawwar. Kemudian, kedudukan Syawwar
digantikan oleh Assaduddin Syirkuh yang kemudian wafat setelah menjabat
sebagai perdana menteri selama dua bulan. Salahuddin Al-Ayyubi akhirnya
didapuk menjadi perdana menteri menggatikan Assaduddin Syirkuh.
Saat Khalifah Al-Adid Billah sakit, kedudukan Salahuddin Al-Ayyubi
semakin kuat. Shalahuddin Al-Ayyubi mendapat dukungan penuh dari rakyat
Mesir, apalagi Shalahuddin Al-Ayyubi dan rakyat Mesir sama-sama memiliki
faham Islam Sunni.
Bertepatan dengan wafatnya Khalifah Al-Adid Billah pada 10 Muharram
1171 M, Salahuddin Al-Ayyubi memproklamirkan berdirinya Daulah Ayyubiyah
dan berkahirnya pemerintahan Daulah Fathimiyah.
B. Peradaban Islam Masa Daulah Ayyubiyah
a. Kemajuan Bidang Pendidikan
Pemerintahan Daulah Ayyubiyah telah berhasil menjadikan Damaskus sebagai
kota pendidikan. Damaskus, ibu kota Suriah, masih menyimpan bukti yang
menunjukkan jejak arsitektur dan pendidikan yang dikembangkan para penguasa
Daulah Ayyubiyah tersebut. Mereka tidak hanya merenovasi dinding-dinding
pertahanan kota, menambahkan beberapa pintu gerbang dan menara, serta
membangun gedung-gedung pemerintahan yang masih bisa digunakan hingga kini,
tetapi juga mendirikan madrasah sebagai sekolah pertama di Damaskus yang
difokuskan untuk pengembangan ilmu hadist. Madrasah ini terus berkembang dan
menyebar ke seluruh pelosok Suriah.
Madrasah yang dibangun merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masjid
atau sebagai sekolah masjid. Lembaga pendidikan ini secara formal menerima murid-
murid dan mengikuti model madrasah yang dikembangkan pada masa Madrasah yang didirikan Nuruddin di Aleppo (Halb), Emessa, Hamah dan Ba’labak
mengikuti madzhab Syafi’i.
Pembangunan dan pengadaan fasilitas kesehatan untuk rakyat berupa Rumah
sakit terus menerus mengalami pembenahan. Rumah Sakit Al-Nuri ini, menjadi
rumah sakit kedua di Damaskus setelah rumah sakit al-walid dan ditambah fungsinya
tidak hanya sebagai tempat pengobatan, juga sebagai sekolah kedokteran.
Pada bangunan monumen-monumen, penguasa Daulah Ayyubiyah menorehkan
seni menulis indah. Prasasti-prasasti yang ditulisnya menjadi daya tarik para ahli
paleografi (ilmu tulisan kuno) Arab. Sejak saat itu diperkirakan seni kaligrafi (khat)
Arab gaya Kufi muncul dan berkembang. Kaligrafi gaya Kufi kemudian diperbaharui
dan melahirkan gaya kaligrafi Naskhi.
Salah satu prasasti yang sampai saat ini masih bisa dilihat dan dibaca terdapat di
menara benteng Aleppo. Disebutkan dalam catatan orang Suriah dan Hittiyah,
benteng pertahanan tersebut merupakan mahakarya arsitektural Arab kuno dan terus
ada berkat jasa pemeliharaan dan renovasi.
Pengembangan masjid sebagai lembaga pendidikan atau sekolah masjid, juga
sebagai mausoleum menunjukkan pada masa Daulah Ayyubiyah terbangun konsep
multifungsi yang berhubungan dengan masjid di Suriah. Bahkan pada pemerintahan
selanjutnya, setelah Daulah Ayyubiah, yaitu masa pemerintahan Daulah Mamluk,
melahirkan satu tradisi baru, yaitu menguburkan para pendiri sekolah masjid di bawah
kubah bangunan yang mereka dirikan.
Selanjutnya, Shalahuddin Yusuf Al-Ayyubi juga mencurahkan perhatian pada
bidang pendidikan dan aristektur. Ia memperkenalkan pendidikan Madrasah ke
berbagai wilayah di bawah kekuasaannya, seperti ke Yerusalem, Mesir dan lain-lain.
Ibnu Jubayr menyebutkan ada beberapa juga madrasah di kota Iskandariah. Di antara
madrasah terkemuka dan terbesar berada di Kairo dan memakai namanya sendiri,
yaitu Madrasah al-Shalahiyah. Menurut sejarah Islam, jika Nizham al-Mulk adalah
orang yang mula-mula mendirikan madrasah, yaitu Madarasah Nizhamiyah, maka
setelah Madrasah Nizhamiah ini, madrasah terbesar adalah yang didirikan oleh
Shalahuddin al- Ayyubi.
Sekarang, madrasah-madrasah tersebut tidak bisa ditemukan lagi, namun sisa-
sisa arsitekturalnya masih bisa dilihat. Pada tahun-tahun berikutnya, gaya arsitektur Nizhamiyah. ini melahirkan beberapa monument Arab yang indah di Mesir. Salah satunya yang
terindah dan menjadi model terbaik adalah Madrasah Sultan Hasan di Kairo.
Di samping mendirikan sejumlah madrasah, Shalahuddin Yusuf al-Ayyubi juga
membangun dua rumah sakit di Kairo. Bangunan kedua rumah sakit itu dirancang
mengikuti model rumah sakit Nuriyah di Damaskus, yakni selain sebagai tempat
pengobatan, sekaligus sebagai sekolah kedokteran. Salah seorang dokter terkenal
yang juga menjadi dokter pribadi Shalahuddin adalah Ibnu Maymun, beragama
Yahudi.
b. Bidang Ekonomi dan Perdagangan
Dalam hal perekonomian pemerintahan Daulah Ayyubiyah bekerja sama dengan
penguasa muslim di wilayah lain, membangun perdagangan dengan kota-kota di laut
Tengah, lautan Hindia dan menyempurnakan sistim perpajakan. Hubungan
internasional dalam perdagangan baik jalur laut maupun jalur darat semakin ramai
dan membawa pengaruh bagi negara Eropa dan negara-negara yang dikuasainya.
Sejak saat itu dunia ekonomi dan perdagangan sudah menggunakan sistem kredit,
bank termasuk Letter of Credit, bahkan ketika itu sudah ada mata uang yang terbuat
dari emas.
Selain itu, dimulai percetakan mata uang dirham campuran (fulus). Percetakan
fulus yang merupakan mata uang dari tembaga dimulai pada masa pemerintahan
Sultan Muhammad Al- Kamil ibn Al Adil Al- Ayyubi, percetakan uang fulus tersebut
dimaksudkan sebagai alat tukar terhadap barang-barang yang tidak signifikan denga
rasio 48 fulus untuk setiap dirhamnya.
Dalam bidang industri pada masa Ayyubiyah, sudah mengenal kemajuan di
bidang industri dengan dibuatnya kincir oleh seorang Syiria yang lebih canggih
dibanding buatan orang Barat. Juga sudah ada pabrik karpet, pabrik kain dan pabrik
gelas.
c. Militer dan Sistem Pertahanan
Pada masa pemerintahan Shalahuddin, kekuatan militernya terkenal sangat
tangguh. Pasukannya diperkuat oleh pasukan Barbar, Turki dan Afrika. Selain juga
memiliki alat-alat perang, pasukan berkuda, pedang dan panah dinasti ini juga
memiliki burung elang sebagai kepala
burung-burung dalam peperangan.
Shalahuddin juga membuat bangunan monumental berupa tembok kota di Kairo
dan Muqattam yaitu benteng Qal’al Jabal atau lebih dikenal dengan sebutan benteng
Shalahuddin Al-Ayyubi, yang sampai hari ini masih berdiri dengan megahnya.
Benteng ini terletak bersebelahan Bukit Muqattam dan berhampiran dengan
Medan Sayyidah Aisyah. Ide membuat benteng ini hasil pemikirannya sendiri yang
direalisasikan pada tahun 1183M. Shalahuddin melihat bahwa Kota Kaherah begitu
luas dan besar, dan membutuhkan sistem pertahanan benteng yang kokoh
sebagaimana di Halab dan Syria.
Shalahuddin al-Ayubi memerintahkan agar bahan batu yang digunakan untuk
membangun pondasi benteng tersebut diambil dari batu-batu yang terdapat di
Piramid di Giza. Benteng ini dikelilingi pagar yang tinggi dan kokoh.
Untuk memasuki benteng, terdapat beberapa
pintu utama diantaranya pintu Fath, pintu Nasr,
pintu Khalk dan pintu Luq. Kemudian terdapat
saluan air berasal dari sungai Nil, yang pada
masa itu menjadi bekal minum para tentara. Pada
zaman kerajaan Usmaniyyah benteng ini
mengalami perluasan. Di bahagian utara benteng
terletak Masjid Mohammad Ali Pasha yang
terbuat dari marmer dan granit.
Gambar Ilustrasi 21 : Qol’atul Jabal
(Benteng Gunung) di Mesir.
Sumber: tranungkite.net
Terdapat juga di dalam kawasan benteng ini Muzium Polis, Qasrul Jawhara
(Muzium Permata) yang menyimpan perhiasan raja-raja Mesir. Terdapat juga Mathaf
al-Fan al-Islami (Muzium Kesenian Islam) yang terletak di bab (pintu) Khalk yang
menyimpan ribuan barang yang melambangkan kesenian Islam semenjak zaman Nabi
Muhammad Saw, termasuk diantaranya surat Rasulullah Saw untuk penguasa Mesir
saat itu bernama Maqauqis, agar beriman kepada Allah Swt.
d. Bidang Pertanian
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Mesir dan daerah lainnya pada sektor
pertanian, Daulah Ayyubiyah telah menggunakan sistem irigasi, pembangunan waduk
dan bendungan serta terusan untuk mengairi kebun dan pertanian. Para petani merasakan manfaat dari fungsi irigasi, waduk, dan terusan yang dibangun ini. Salah
satu hasilnya produk panen berlimpah seperti, kurma, gula, dan gandum.
Shalahuddin Al-Ayyubi memulai karir politiknya ketika ia masih muda. Ketika
itu Sang Ayah yang bernama Najmuddin bin Ayyub menjabat sebagai komandan
pasukan di kota Ba’labak (sebelah utara Suriah). Najmuddin bin Ayyub ditunjuk
menjadi komandan oleh gubernur Nuruddin Zangi.
0 komentar:
Posting Komentar